Pages

Halaman

Jumat, 05 April 2013

sejarah nasi goreng

Sejarah Makanan Paling Enak di Dunia, Nasi Goreng

Siapa yang tidak pernah menyantap makanan yang satu ini. Paduan bumbu dan nasi yang digoreng ini membuat semua lidah bergoyang menikmatinya. Nasi goreng bahkan dinobatkan menjadi makanan paling enak di Dunia. Hal ini sepadan karena berbagai macam rasa membuat nasi goreng ini sulit dideskripsikan rasanya selain enak. Nasi goreng ini tidak mengenal kalangan, semua lapisan masyarakat dapat menikmati nasi ini. Campuran lauk membuat nasi ini menjadi semakin nikmat, mulai dari lauk sederhana seperti telur hingga campuran lain seperti udang, cumi, ayam, ati ampela, kambing, sosis, daging, dan jenis lauk lainnya memang sangat pas dengan bumbu yang diracik bersama nasi. Apakah anda tahu bagaimana sejarah nasi goreng? Simaklah tulisan dibawah ini.
 Sejarah Makanan Paling Enak di Dunia, Nasi Goreng

Sejarah Makanan Paling Enak di Dunia, Nasi Goreng

Nasi goreng dipercaya dibawa oleh bangsa Tionghoa ke negara-negara Asia Tenggara pada awalnya. Di Tionghoa sendiri nasi goreng ini dipercaya telah dibuat sejak tahun 4000 SM. Pada mulanya nasi ini digoreng karena sajian nasi dingin sangat tidak disukai oleh orang-orang Tionghoa. Oleh karena itu digorengnya nasi menjadi tujuan agar nasi tersebut menjadi hangat kembali. Seiring berjalannya waktu penambahan bumbu, minyak goreng, kecap menjadikan rasa nasi goreng ini menjadi semakin nikmat. Orang-orang Tionghoa yang merantau memulai dikenalnya masakan tersebut di negara lain. Modifikasi dari makanan ini terus berkembang di negara-negara lain. Tetapi di Indonesia sendiri resep nasi goreng ini diturunkan ke generasi baru secara terus menerus, hingga saat ini nasi goreng lebih dikenla sebagai makanan khas nusantara.
Sangat menarik bukan sejarah nasi goreng ini, bagaimana makanan yang bukan diciptakan di Indonesia justru bisa menjadi makanan khas Indonesia. Karena enaknya rasa nasi yang digoreng dengan bumbu ini membuat sang penikmat menempatkan nasi goreng sebagai makanan wajib jika tidak tersedianya menu lain. Makanan yang mudah dibuat namun rasanya enak menambah kepraktisan dari masakan ini. Sejarah nasi goreng mungkin memang bukan berasal dari Indonesia, tetapi saat ini merupakan kewajiban kita untuk melestarikan makanan nomor satu di dunia saat ini. Selamat berkreasi dan menciptakan jenis nasi goreng baru ya, agar nasi goreng tetap memiliki tempat di hati para penikmatnya.

Sejarah Makanan Khas Empek-Empek Palembang

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek adalah pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.

Penyajian pempek palembang ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Cuko adalah teman makan pempek yang setia, dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Ada juga cuko manis bagi yang tidak menyukai pedas.
Sejarah Makanan Khas Empek Palembang
Jenis pempek palembang yang terkenal adalah “pempek kapal selam” adalah telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama “ada’an”), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek te lur kecil, dan pempek keriting.

Pempek bisa ditemukan dengan gampang di seantero Kota Palembang. Ada yang menjual di restoran, ada yang di gerobak, dan juga ada yang dipikul. Juga setiap kantin sekolah pasti ada yang menjual pempek.Tahun 1980-an, penjual pempek bisa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya!. Pempek sekarang ada dua jenis yaitu Parempek campuran antara Pare dan Pempek.

Menurut sejarahnya, pempek palembang telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan “apek”, yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.

Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan “pek apek”, maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Namun cerita rakyat ini patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan bangsa Portugis ke Indonesia pada abad 16. Selain itu velocipede (sepeda) baru dikenal di Perancis dan Jerman pada abad 18. Walaupun begitu sangat mungkin pempek palembang merupakan adaptasi dari makanan Cina seperti baso ikan, kekian ataupun ngohyang.

Pada awalnya pempek palembang dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.

Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti Tenggiri, Kakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah.

Sejarah Makanan/Masakan Rendang Minangkabau

Pencarian mengenai sejarah rendang, yang sempat diklaim oleh malaysia, dimulai dengan pencarian melalui mesin pencari google. Hal yang mengejutkan memang yang banyak mengulas mengenai rendang dan sejarahnya adalah blog berbahasa melayu malaysia. Saya makin tertantang untuk mencari sejarah rendang kebanggaan bangsa Indonesia.

Pada tahun atau era apa awal rendang dikenal di Indonesia tidak banyak dokumen sejarah yang dapat ditemukan. pada situs wikipedia dikatakan bahwa rendang berawal pada tahun 1550, "Rendang juga disebut dalam banyak kesusasteraan Melayu klasik seperti Hikayat Amir Hamzah yang membuktikan ia adalah masakan Melayu sejak 1550-an".
Sejarah Makanan/Masakan Rendang Minang
Etnis Minangkabau, mempunyai banyak resep masakan serta minuman tradisonal sebagai kekayaan budaya kuliner Indonesia.Makanan dari etnis, lebih sering disebut Masakan Padang, umumnya memiliki cita rasa yang pedas berbumbu dan dalam pengolahannya banyak memakai santan kelapa. Wanita (padusi) minang, sangat terkenal dengan keahlian memasaknya. Demikian pula kaum lelaki minang pun memiliki keahlian dalam masak-memasak. Dalam setiap kesempatan acara dan kenduri ; Upacara sepanjang kehidupan manusia, Upacara Yang Berkaitan dengan Perekonomian, Upacara keselamatan, selalu terhidang aneka ragam masakan. Diantara semua ragam masakan itu, maka rendang merupakan menu utama disetiap kesempatan.

Rendang,adalah masakan tradisional bersantan dengan daging sapi sebagai bahan utamanya. Masakan khas dari ranah Minang ini, sangat digemari di semua kalangan masyarakat baik itu di Indonesia sendiri ataupun di luar negeri.

Bahannya :- daging sapi,- kelapa(karambia),- bumbu : Cabai (lado), lengkuas, serai, bawang dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai (Pemasak).Cara pengolahannya dapat dilihat pada buku-buku resep.

Secara filosofi adat dan budaya Minangkabau, Rendang memiliki posisi terhormat. Rendang yang terdiri dari 4 bahan pokok, mengandung makna, yaitu:

1. Dagiang (Daging Sapi), sebagai bahan utama, pelambang Niniak Mamak dan bundo kanduangyang akan memberi kemakmuran pada anak kemenakan dan anak pisang.

2. Karambia (Kelapa), merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual), yang akan merekatkebersamaan kelompok dan individu

3. Lado (Sambal), merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan syarak(agama),4 Pemasak (Bumbu), peran funsional setiap individu dalam kehidupan berkelompok dan dimerupakan unsur yang penting dalam hidup kebersamaan masyarakat Minang.

Sejarah Makanan Tinutuan/Bubur Manado

Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado,Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa,Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antar kelompok masyarakat di Manado. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya.
Sejarah

Kata tinutuan tidak diketahui asalnya. Sejak kapan tinutuan menjadi makanan khas kota Manado tidak diketahui dengan jelas. Ada yang mengatakan tinutuan mulai ramai diperdagangkan di beberapa tempat di sudut kota Manado sejak tahun 1970. Ada juga yang mengatakan sejak tahun 1981.
Sejarah Makanan Tinutuan/Bubur Manado
Tinutuan dipakai menjadi motto Kota Manado sejak kepemimpinan walikota Jimmy Rimba Rogi dan wakil walikota Abdi Wijaya Buchari periode 2005-2010, menggantikan motto Kota Manado sebelumnya yaitu Berhikmat.

Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pariwisata setempat pada tahun 2004 (ada juga yang mengatakan pada pertengahan tahun 2005) menjadikan kawasan Wakeke, Kecamatan Wenang, Kota Manado sebagai lokasi wisata makanan khas Tinutuan.

Berdasarkan cerita dari mulut ke mulut atau bisa juga dianggap cerita isapan jempol, saya sempat mendengar bagaimana sejarah terciptanya bubur manado (tinutuan).

Dari cerita orang-orang tua, di jaman penjajahan belanda, kondisi ekonomi penduduk sangat rendah, sehingga mereka kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Akhirnya dengan pertimbangan ekonomi dan sedikit tambahan unsur kreatifitas, penduduk pada jaman itu akhirnya mulai memanfaatkan bahan makanan yang bisa mereka peroleh di pekarangan rumah atau di kebun, seperti labu, ubi, daun pepaya, kangkung, jagung, gedi dan dengan mencampurnya bersama sedikit nasi, mereka memasak semua bahan makanan itu secara bersamaan. Dan terciptalah bubur manado atau yang kita kenal dengan tinutuan, yang isinya beraneka ragam sayur dan bubur.

Lepas dari benar tidaknya cerita dari mulut ke mulut ini, satu hal yang saya pikir berguna adalah betapa mudahnya kita membuat sebuah masakan sehat yang sederhana namun penuh gizi.

Bahan Tinutuan/Bubur Manado

Bahan pembuatan tinutuan sederhana. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran yaitu labu kuning yang juga disebut sambiki, beras, singkong, bayam, kangkung, daun gedi,jagung,kemangi.

Penyajian

Tinutuan ini biasanya disajikan untuk sarapan pagi. Tinutuan dapat disajikan dengan ikan asin serta berbagai macam pelengkap hidangan seperti yang terlihat pada gambar.

Penyajian di Manado

Tinutuan, di Manado, disajikan dengan perkedel nike, sambal roa (rica roa, dabu-dabu roa), ikan cakalang fufu atau tuna asap, perkedel jagung. Tinutuan juga bisa disajikan dicampur dengan mie atau dengan sup kacang merah yang disebut brenebon.

Tinutuan yang disajikan bersama mie disebut midal, dimana akhiran dal tersebut berasal dari kata pedaal yakni nama lain untuk tinutuan khusus di wilayah Minahasa Selatan yang merupakan wilayah subetnis Tountemboan di Minahasa.

Tinutuan juga dapat dicampur dengan sup kacang merah yang disebut brenebon. Tinutuan yang dicampur dengan brenebon ini kadang juga ditambahkan tetelan sapi, yang konon dipercaya orang yang memakannya dapat menarik "roda" (gerobak). Pada komunitas Kristen di Manado, tinutuan yang dicampur dengan brenebon ini dapat juga disajikan khusus yaitu dengan ditambahkan kaki babi, biasanya pada acara khusus seperti acara tumpah makan yaitu pada hari pengucapan syukur di Manado.

Sejarah keju

Keju, Tacuinum sanitatis Casanatensis (abad ke-14).
Keju adalah makanan kuno yang sudah diproduksi sejak zaman prasejarah walaupun tidak ada bukti pasti kapan pembuatan keju pertama kali dilakukan.[1] Masyarakat prasejarah mulai meninggalkan gaya hidup nomaden dan beralih menjadi beternak kambing, domba maupun sapi.[1] Dengan beternak, masyarakat mulai mengenal susu dan kegunaannya.[1] Persediaan susu pun jadi meningkat sehingga orang-orang mulai menyimpannya dalam bejana tanah liat ataupun kayu.[1] Karena kebersihan yang kurang, terkena sinar matahari secara langsung atau terkena panas dari api maka susu dalam bejana tersebut menjadi asam dan kental.[1] Setelah dicoba ternyata susu tersebut masih dapat dimakan.[1] Itulah pertama kalinya manusia menemukan keju krim asam (sour cream cheese).[1]
Keju krim manis (sweet cream cheese) juga ditemukan secara kebetulan.[1] Ada dua legenda yang menceritakan bagaimana manusia menemukan tipe keju ini.[1] Yang pertama menceritakan bahwa ada beberapa pemburu yang membunuh seekor anak sapi.[1] Mereka membuka perut sapi tersebut dan menemukan sesuatu berwarna putih yang ternyata memiliki rasa yang enak.[1] Karena adanya suatu enzim yang bernama rennet di dalam perut sapi, maka susunya pun menjadi kental sehingga menjadi apa yang kita sebut keju saat ini.[1]
Cerita lainnya mengatakan bahwa keju ditemukan pertama kali di Timur Tengah oleh seorang pengembara dari Arab.[2] Pengembara tersebut melakukan perjalanan di padang gurun dengan kudanya.[2] Ia membawa susu di pelananya untuk menghilangkan dahaganya.[2] Setelah beberapa lama, ia pun berhenti untuk meminum susu yang dibawanya.[2] Ternyata, susu tersebut telah berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih.[2] Hal ini disebabkan pelana yang digunakan untuk menyimpan susu terbuat dari perut binatang (sapi, kambing ataupun domba) yang mengandung rennet.[2] Kombinasi dari rennet, cuaca yang panas dan guncangan-guncangan ketika mengendarai kuda telah mengubah susu pengembara tersebut menjadi keju.[2] Setelah itulah, orang-orang mulai menggunakan enzim dari perut binatang untuk membuat keju.[2]

Daftar isi

Yunani kuno

Mitologi Yunani Kuno menyebutkan Aristaeus sebagai penemu keju.[1] Odyssey tulisan Homer (800 SM) mengatakan bahwa Cyclops membuat keju dengan menggunakan dan menyimpan susu domba dan kambing.[1] Keju dari susu kambing merupakan komoditas yang penting di Yunani.[1] Orang-orang Yunani mempercayai bahwa keju dapat membuat perwira lebih kuat dan juga merupakan perangsang nafsu berahi.[1] Hippocrates pun menggunakan keju untuk mengatasi peradangan. Keju bahkan digunakan sebagai persembahan bagi dewa-dewa.[1]

Romawi kuno

Kebudayaan Romawilah yang pada mulanya mengembangkan berbagai jenis keju yang kita ketahui sekarang.[3] Bangsa Romawi dikenal sebagai bangsa pertama yang melakukan proses pematangan dan penyimpanan keju.[3] Mereka mengerti dampak teknik pematangan yang berbeda terhadap rasa dan karakter keju tertentu.[3] Bangsa Romawi membawa keju dan seni pembuatannya ketika mereka menaklukkan Gaul, yang kita ketahui sekarang sebagai Perancis dan Inggris, yang disambut dengan sangat baik.[3] Rumah-rumah besar pada zaman Romawi memiliki dapur keju yang terpisah yang disebut caseale dan suatu area khusus dimana keju bisa dimatangkan.[3] Berikut ini adalah beberapa tulisan yang menyinggung tentang keju:
  • Homer, kira-kira tahun 1184 SM
Merujuk kepada keju yang dibuat di gua-gua pegunungan Yunani dari susu domba dan kambing, menyebut suatu jenis keju bernama Cynthos yang dijual oleh bangsa Yunani kepada bangsa Romawi (kemungkinan merupakan keju Feta di zaman sekarang.[3]
Memberikan komentar tentang keju yang dibuat dari susu kuda dan keledai.
  • Varro, kira-kira tahun 127 SM
Menyadari perbedaan pada keju-keju yang dibuat dari beberapa lokasi dan memberikan komentar tentang kemampuan mencerna keju-keju tersebut.[3]
Menulis tentang bagaimana proses pembuatan keju dengan sangat detail dan lengkap.[3]
Menulis buku Historia Naturalis yang menyebutkan tentang Cantal yaitu keju dari susu sapi yang dinamakan berdasarkan Pegunungan Cantal di Auvergne.[4] Keju ini dibuat dengan cara memasukkan dadih ke dalam formage yaitu sebuah silinder kayu.[4] Ini kemungkinan merupakan asal mula dari kata keju dalam bahasa Perancis dan bahasa Italia, fromage dan formaggio.[4]

Eropa zaman pertengahan

Kekaisaran Romawi menyebarkan teknik pembuatan keju yang seragam di Eropa, serta memperkenalkan pembuatan keju ke daerah yang belum mengetahuinya.[5] Kejatuhan Kekaisaran Romawi menjadikan variasi pembuatan keju di Eropa semakin banyak, dengan daerah-daerah tertentu mengembangkan teknik pembuatan keju yang berbeda-beda.[5] Namun, kemajuan seni pembuatan keju mulai menurun beberapa abad setelah kejatuhan Roma.[5] Banyak keju yang dikenal pada masa kini pertama kali didokumentasikan pada zaman Pertengahan atau setelahnya, misalnya keju Cheddar pada 1500 M, keju Parmesan pada 1597, keju Gouda pada 1697, dan keju Camembert pada 1791.[5]
Pada masa pemerintahan Charles Agung, biara-biara diberikan kepercayaan untuk mengolah tanah dan mengembangkan produksi agrikultur.[1] Para biarawan dan biarawati inilah yang memegang peranan penting dalam produksi keju dan variasinya.[1] Banyak resep yang ditulis oleh para biarawan walaupun tidak dapat dipastikan apakah resep tersebut ditulis sendiri atau disalin dari penduduk lokal.[1] Karena pekerjaan para biarawan dan biarawati, maka orang-orang tidak perlu kelaparan di musim dingin ketika susu sulit didapat.[1]

Keju di zaman modern

Di abad ke 19, Ferdinand Cohn menjadi orang pertama yang menemukan bahwa proses pematangan keju diarahkan oleh mikroorganisme.[1] Setelah itu, semakin banyak pula riset yang dilakukan berhubungan dengan keju dan proses pembuatannya.[1] Dengan berkembangnya pengetahuan tentang keju baik dari segi biologis maupun kimiawi, proses pembuatan keju pun menjadi umum di masyarakat.[1] Hasilnya, perusahaan-perusahaan kecil maupun peternakan-peternakan berlomba-lomba memproduksi keju mereka sendiri.[6]
Pabrik pertama yang memproduksi keju dibuka pada tahun 1815 di Swiss, tetapi di Amerika Serikatlah produksi keju skala besar pertama kali sukses.[6] Saat ini, diperkirakan ada lebih dari 400 jenis keju di dunia.[6] Pada masa Perang Dunia II, keju buatan pabrik semakin populer, mengalahkan keju yang dibuat secara tradisional.[6] Sejak saat itu, pabrik-pabrik telah menjadi sumber penghasil keju terbesar di Amerika dan Eropa.[6]

Tumpeng Nasi Kuning Pulen

hmmm..kalau ngomongin tumpeng jadi inget kalau pas ada selamatan-selamatan gitu. Dan belum lama ini juga keluarga saya baru ngadain selamatan 7 bulanan tedhak sinten cucu pertama lho.. :)

Wah untuk resep masakan yang satu ini emang perlu di coba, dan bagi para wanita yang ujung-ujungnya juga di dapur kudu bisa nih. Yah siapa tau tiba-tiba ada acara selamatan atau ulang tahun kan bisa buat tumpeng sendiri.

Oke ini saya berikan resep tumpengnya, semoga bermanfaat..


Bahan :
  • 1 kg beras,cuci
  • 250 gram beras ketan,cuci,rendam
  • 3 sendok makan air kunyit,parut,saring
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1.750 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 batang serai,memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 5 lembar daun pandan
  • 1 sendok makan garam
Cara Membuat :
  • Beras,ketan,air kunyit,air jeruk nipis dicampur.
  • kukus sampai setengah matang,sisihkan.
  • Campur beras dan santan,aduk rata. biarkan air santan mengering.
  • Kukus sampai matang
  • Cetakan tumpeng lapisi plastik. Isi nasi kuning panas sambil dipadatkan.
  • Cetak tumpeng di atas tampah yang sudah dialasi daun. Hias dan sajikan dengan lauk pauk.

Kering Tempe

  • Bahan :
2 sendok makan minyak
  • 1 sendok makan bawang merah,putih irisan
  • 2 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, memarkan
  • Garam,gula merah secukupnya
  • 1 sendok teh air asam
  • 150 gram tempe,potong korek api,goreng
  • 2 sendok makan cabai merah irisan,goreng
  • 2 sendok makan bawang merah goreng

Cara Membuat :
  • Panaskan minyak. Tumis bawang,daun jeruk,serai sampai harum. Masukkan garam, gula,air asam. Aduk-aduk.
  • Masukkan tempe goreng. Aduk-aduk. Angkat.
  • Campur dengan gorengan cabai dan bawang.
  • Lebih enak n nikmat apabila disajikan sebagai teman makan dalam keadaan hangat-hangat, selamat menikmati yah.... :)

Ayam Panggang Merah

Bahan :

  • 2 Sendok makan minyak
  • 1 sendok teh bawang putih halus
  • 1 fillet dada ayam
  • 1/2 sendok teh angkak halus
  • Garam,merica,gula,secukupnya
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan ang ciu
  • 1 sendok makan Hai Shan Jiang (Hoisin Sauce)
  • Bumbu penyedap secukupnya

Cara Membuat :
  • Panaskan minyak,tumis bawang putih sampai harum. Masukkan dada ayam dan sisa bahan. Aduk-aduk.
  • Panggang sampai matang.
  • Iris-iris,sajikan. Lebih nikmat disajikan dalam dalam keadaan hangat.

Soto Padang

Bahan :
  • 500gr daging sapi
  • 1 potong tulang sengkel sapi
  • 2 liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • 2 sdm bumbu soto padang basah siap pakai
  • 1 sdt kaldu bubuk rasa sapi
Haluskan
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdt merica butiran
  • 2 sdt garam
  • 2 cm jahe
  • 2 cm lengkuas
  • 3 cm kunyit,bakar
  • 3 sdm minyak goreng
Pelengkap :
  • 100 gr soun, rendam hingga lunak, tiriskan
  • perkedel kentang, sambal rebus, irisan seledri, daun bawang, dan bawang goreng
  • paru goreng kering dan kerupuk merah
  • nasi putih
Cara membuat :
  • Rebus daging sapi dan tulang sengkel hingga lunak,angkat dagingnya dan tiriskan.
  • Panaskan minyak,tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan bumbu siap pakai sampai harum. Masukkan ke dalam kaldu, didihkan. Tambahkan kaldu bubuk, aduk rata, angkat.
  • Goreng daging sapi secara utuh sampai kecoklatan,angkat,lalu potong dadu,sisihkan.
  • Penyajian : siapkan mangkuk, isi dengan soun, potongan daging atau paru goreng, dan perkedel. Tuangkan kuahnya, taburi dengan bawang goreng, seledri, daun bawang dan kerupuk merah. Lengkapi dengan sambal rebus.
  • Sajikan hangat.

Sambal Goreng Hati Ayam

Bahan :
  • 12 buah hati ayam, cuci bersih tiriskan
  • 50 gram kapri
  • 1 buah cabai merah, iris tipis serong
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 4 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, dan 2 batang serai, memarkan
  • 1 sdm air asam jawa
  • 8 sdm kecap manis
  • minyak goreng secukupnya
Bumbu Halus :
  • 10 buah cabai merah
  • 10 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sdt garam
Cara Membuat :
  • Panaskan 2 sendok makan minyak, tumis cabai merah sebentar, angkat.
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukan hati ayam, daun jeruk, daun salam, serai dan air asam jawa. Tambahkan santan encer, didihkan.
  • Tambahkan santan kental dan kecap manis, masak hingga kelihatan berminyak, masukkan kapri, aduk rata, angkat.
  • Sajikan sebagai pelengkap nasi langgi, taburi dengan irisan cabai merah goreng.
Untuk 6 orang

Bebek Isi Ketan

Teman-teman ada yang pernah makan bebek isi ketan ga? wah kebayang donk bagaimana lezatnya.. Hmm mantap sekali. Padahal rasa gurih bebeknya saja sudah menggoda, ditambah ketan akan semakin menambah selera makan anda dengan variasi yang baru.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba resepnya silahkan di catat dan di praktekkan yah. . Oke kita mulai saja.

Bahan :
  • Daging bebek 1 ekor, cuci hingga bersih
  • Air 1 liter
  • Beras ketan 150 gram, cuci bersih
  • Jamur 5 buah
  • Udang Kupas 50 gram
  • Daging ayam 200 gram, cincang
Bumbu A :
  • Kecap manis 2 sendok makan
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Merica halus 1 sendok teh
  • Kecap asin 1 sendok makan
Bumbu B :
  • Saus tiram 1 sendok makan
  • Kecap asin 1 sendok makan
  • Kecap manis 1 sendok makan
  • Arak merah 1 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Merica 1/2 sendok teh
  • Minyak wijen 1/2 sendok teh
Cara Membuat :
  • Rendam daging bebek dengan bumbu A selama 3 jam hingga bumbu meresap, sisihkan.
  • Panaskan sedikit minyak, tumis ketan, jamur, udang dan daging ayam hingga agak layu. Bumbui dengan bumbu B. Masak hingga matang. Angkat.
  • Masukkan adonan ketan kedalam rongga di dalam bebek.
  • Masukkan bebek isi ketan tersebut bersama dengan 1 liter air ke dalam panci presto. Masak selama 30 menit hingga matang dan empuk.
  • Tunggu beberapa saat hingga desisnya hilang baru panci dapat di buka. Angkat.
  • Sajikan hangat

Kwetiau Berempah

Kalau ngomong kwetiau jadi inget sama si itu tuh.. kalau laper bawaannya pengen kwetiau mulu. Tapi memang panganan yang satu ini mantap rasanya, apalagi kalau di racik dengan variasi khas indonesia yaitu rempah-rempah.


Yup langsung kita simak saja bahan-bahan dan cara membuatnya :D

Bahan :
  • Kwetiau 500 gram, siap beli
  • Sawi 200 gram
  • Udang kupas 400 gram
  • Daging ayam 300 gram, giling
Bumbu Halus A :
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Cabe bubuk 5 sendok
Bumbu B :
  • Air asam jawa 250ml
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
Cara Membuat :
  • Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan udang kupas & daging ayam, masak hingga daging matang.
  • Tambahkan bumbu B, jika sudah mendidih masukkan sayuran & kwetiau. Aduk hingga matang. Angkat.
  • Sajikan hangat.

Sayur Labu Siam

Bahan :

• 200 gr daging tetelan
• 3 batang daun bawang dipotong 1 ½ cm
• Air secukupnya
• Garam, bawang goreng secukupnya
• 2 buah labu siam, dikupas dipotong kotak kecil memanjang
• Miyak untuk menumis

Bumbu :

• 10 butir bawang merah
• 3 siung bawang putih
• 2 butir kemiri
• 10 butir merica bulat
• Sedikit jahe dan lengkuas
• Udang, garam secukupnya

Cara memasak :

• Daging direbus dengan garam dan air secukupnya hingga empuk
• Udang dibersihkan kemudian digoreng setengah matang, tiriskan
• Potong daging kotak kecil agak tipis
• Bumbu yang sudah dihaluskan ditumis hingga baunya harum kemudian masukkan daging dan kaldunya
• Kalau sudah mendidih masukkan labu siam, daun bawang dan satu sendok makan air asam jawa
• Masak dan duk sebentar, birkan hingga matang
• Tambahkan sedikit bawang goreng dan hidangkan

Sumber : http://resepmasakanku.com/

Resep Lumpia Basah

Resep Lumpia Basah - Lumpia basah enak dan mudah membuatnya. Bahan dasar untuk membuat lumpia basah adalah tepung terigu untuk bahan kulit. Untuk bahan isi daging ayam, kol, wortel, dan bahan bahan lainnya. Jadi tidak sulit untuk menemukan bahan lumpia enak ini. Penasaran kan? dibawah akan dijelaskan cara membuat selengkapanya.

Nah, untuk kamu yang mau mencoba membuat dan mencicipi lumpia basah, dibawah ini adalah Resep Lumpia Basah selengkapnya. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan menikmati lumpia basah hasil bikinan sendiri.

Bahan Kulit Lumpia Basah

- 25 gram tepung terigu
- 50 gram tepung cassava
- 2 butir telur ayam
- 300 ml air
- Sedikit garam

Bahan Isi Lumpia Basah

- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 sendok makan irisan daun bawang
- 1 sendok makan irisan bawang putih
- 150 gram daging ayam giling
- 100 gram kol diiris halus
- 100 gram wortel diserut
- 100 ml kaldu
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh lada halus
- 1 sendok makan seledri cincang

Cara Membuat Lumpia Basah

1. Membuat kulit: Campur tepung terigu dan tepung cassava, aduk, masukkan telur, aduk, tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata sampai habis, beri garam, aduk rata. Panaskan wajan dadar besar antilengket, buat dadar tipis menjadi 10 lembar, sisihkan.
2. Membuat adonan isi: Tumis dengan minyak daun bawang dan bawang putih, masukkan daging ayam giling dan sayuran, beri kaldu, dimasak sampai layu, masukkan saus tiram, garam, lada, dan seledri cincang, aduk rata, masak sampai air kering, angkat.
3. Kulit lumpia diisi dengan adonan isi lalu digulung dan dilipat.
4. Hidangkan.

Resep Lumpia Semarang

Resep Lumpia Semarang - Koleksi resep lumpia berikut ini tidak kalah enak, yaitu resep lumpia semarang. Bahan isinya bikin ngiler pastinya, ada ayam cincang, udang kupas, taoge, bengkuang, dan tahu takwa. Penasaran dan mau mencoba membuatnya? dibawah ini adalah resep lengkapnya.

Sebelumnya juga sudah diposting tentang resep lumpia basah dan kamu bisa baca juga untuk enambah koleksi resep lumpia. Oke, langsung saja dibawah ini adalah Resep Lumpia Semarang selengkapnya.

Gambar Lumpia Semarang

Bahan Kulit Lumpia Semarang

- 500 gram tepung terigu protein sedang
- 1 butir telur
- 1/2 sendok teh garam
- 350 ml air
- 1 sendok makan minyak goreng

Bahan Isi Lumpia Semarang

- 2 sendok makan minyak goreng
- 3 buah bawang merah, haluskan
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 100 gram ayam cincang
- 100 gram udang kupas, cincang
- 150 gram taoge
- 150 gram bengkuang, parut
- 1 buah tahu takwa, potong-potong
- 1/4 sendok teh lada bubuk
- 1/2 sendok teh garam
- 2 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Lumpia Semarang

1. Kulit: Aduk tepung terigu protein sedang, telur, dan garam sambil ditambah air dan minyak goreng sampai kalis. Diamkan adonan selama 2 jam.
2. Isi: Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan ayam cincang, dan udang cincang, aduk hingga berubah warna. Masukkan bahan lainnya, masak sambil diaduk hingga matang.
3. Panaskan wajan yang sudah tidak lengket, oleskan adonan kulit sambil ditekan-tekan agar menempel, angkat, lakukan sampai adonan habis.
4. Sendokkan isi ke atas kulit, lipat lalu gulung kulit lumpia, rekatkan dengan sisa adonan kulit, goreng sampai matang.

Resep Kue Mangkok Mekar

Resep Kue Mangkok MekarKue Mangkok Mekar adalah jajanan tradisional yang rasanya manis. Cocok sekali untuk kamu yang suka manis, untuk sajian saat arisan dan pesta kecil kue mangkok mekar cocok disajikan disana. Bahan mudah didapat dan membuatnya gampang.

Oke, langsung saja coba membuatnya dengan panduan Resep Kue Mangkok Mekar selengkapnya dibawah ini. Sebelumnya, jika ingin membuat kue mangkok gula jawa, ganti 175gr gula pasir dengan Gula Palm pada resep dibawah. Baca juga tentang cara membuat pada resep kue mangkok gula merah sebelumnya.


Bahan Kue Mangkok Mekar

- 125 gram tape singkong
- 175 gram gula pasir (kurangi jadi 100 gram jika tidak suka manis)
- 100 gram tepung terigu
- 150 gram air
- 75 gram gula pasir (kurangi jadi 50 gram jika tidak suka manis)
- 200 gram tepung beras
- 200 ml air dingin
- 150 ml air soda
- 1 sendok teh baking powder

Cara Membuat Kue Mangkok Mekar

1. Campur tape dan 175gram gula pasir, aduk rata sampai halus.sisihkan
2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sebentar, sisihkan.
3. Masak air dan 75gram gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu sambil diaduk hingga rata.
4. Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni hingga licin, lalu campur adonan ini dengan adonan tepung terigu, uleni terus hingga rata.
5. Masukkan baking powder, aduk rata, lalu tuangi air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer. Saring.
6. Bagi menjadi 2 bagian, masing-masing beri pewarna merah dan hijau.
7. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan beruap banyak, tuangi cetakan dengan adonan. Kukus 20 menit. Angkat.

Resep Sambal Goreng Kentang

Resep Sambal Goreng Kentang - Suka sambal goreng kentang dan ingin membuatnya sendiri? kebetulan sekali, pada postingan kali ini akan memberikan resep sambal goreng kentang. Sambal yang satu ini cocok untuk melengkapi makan siang atau malam kamu bersama keluarga. Biasanya, paling cocok disajikan saat lebaran bersama opor ayam.

Yuk, jangan tunggu lama, langsung saja buat sambal sendiri dengan mengikuti Resep Sambal Goreng Kentang selengkapnya dibawah ini. Lihat juga postingan sebelumnya tentang sambal terasi goreng.

 Bahan Sambal Goreng Kentang

- 1 kg kentang
- 1 papan petai ( jika suka ) goreng
- 2 lembar daun salam
- 1 batang sereh
- 1 cm lengkuas
- minyak goreng

Bumbu (haluskan)

- 8 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 10 biji cabe merah besar ( sesuai selera )
- 1 butir kemiri
- garam
- gula pasir

Cara Membuat Sambal Goreng Kentang

1. Potong kentang kotak kentang sesuai selera rendam kentang di dalam air garam.
2. Goreng kentang hingga kering.
3. Tumis bumbu yang di haluskan masukan daun salam, sereh, lengkuas hingga harum beri garam dan gula pasir.
4. Setelah harum masukan kentang yang telah goreng tadi lalu masukan petai yang telah di goreng tadi aduk dan hidangkan.

Resep Sambal Goreng Ati

Resep Sambal Goreng Ati - Resep Sambal Goreng Ati salah satu jenis sambal yang paling digemari untuk melengkapi menu makan siang atau malam bersama keluarga. Sambal yang satu ini juga cocok untuk disajikan di acara formal. Membuatnya mudah sekali, bahan yang dibutuhkan cukup sederhana, dan pastinya pedas dan gurih saat disajikan. Penasaran kan bagaimana rasanya? simak resep lengkapnya dibawah ini.

Oke, langsung saja dicoba bagaimana cara membuat sambal goreng ati melalui Resep Sambal Goreng Ati selengkapnya dibawah ini.

Bahan Sambal Goreng Ati

- 500 gr hati sapi
- 2 lembar daun salam
- 3 lembar daun jeruk
- 250 ml santan
- garam dan gula pasir secukupnya
- 100 gr kapri
- 1 papan petai, kupas, belah dua
- 2 sendok makan minyak goreng

Bumbu (haluskan)

- 10 buah cabai merah
- 5 butir bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 3 butir kemiri

Cara Membuat Sambal Goreng Ati

1. Rebus hati sapi hingga matang, angkat lalu potong dadu.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
3. Masukkan hati sapi, aduk rata.
4. Tuang santan, tambahkan garan, dan gula pasir, masak hingga matang dan bumbu meresap.
5. Masukkan kapri dan petai, aduk rata. Angkat dan sajikan.

Resep Ikan Bakar Kecap

Resep Ikan Bakar Kecap - Resep terbaru kali ini adalah resep ikan bakar kecap yang pastinya bisa jadi menu spesial keluarga. Pada resep kali ini, kita gunakan ikan air asin (laut) yaitu ikan kembung. Dengan bumbu kecap yang pedas manis dijamin sedap dan bikin ketagihan. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan bakar kecap? dibawah ini adalah daftar bahannya.

Bahan Ikan Bakar Kecap

- 2 ekor ikan salem atau kembung como (siangi dan cuci bersih)
- 2 siung bawang putih, parut
- 1 sdm minyak sayur
- 3 sdm kecap manis
- 1/4 cm jahe, parut
- 1 sdt cabai giling
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdm saus tiram
- 1 sdt garam

Setelah semua bahan tersedia, berikut adalah cara membuat ikan bakar kecap dibawah ini.

1. Potong potong ikan menjadi tiga bagian
2. Perciki air jeruk nipis kemudian diamkan selama 30 menit lalu tiriskan
3. Aduk rata semua bumbu
4. Lumuri dengan bumbu dan diamkan selam 14 menit
5. Bakar ikan diatas bara api
6. Bakar dengan cara membolak balik kedua belah sisinya hingga matang
7. Angkat dan sajikan

Resep Lumpia Isi Daging Sapi

Resep Lumpia Isi Daging Sapi - Inilah Resep Lumpia Isi Daging Sapi yang lezat. Lumpia tidak harus dengan isi sayur atau rebung, tetapi juga bisa di isi dengan daging sapi dan tentunya punya rasa yang beda dengan lumpia lainnya. Penasarankan? silahkan langsung di coba melalui resep lengkapnya dibawah ini.

Berikut Resep Lumpia Isi Daging Sapi selengkapnya, silahkan langsung dicoba.

Bahan Lumpia Isi Daging Sapi

- 13 lbr roti tawar, buang kulitnya
- 50 gr saus tomat untuk penyajian
- Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi Lumpia Isi Daging Sapi

- 250 gr wortel, parut
- 125 gr taoge
- 100 gr daging sapi Australia, cincang
- 1/2 sdm garam
- 50 gr gula merah
- 1 bks (6 gr) kaldu sapi bubuk
- 100 gr daun bawang, iris
- 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus Lumpia Isi Daging Sapi

- 50 gr bawang merah
- 50 gr bawang putih
- 20 gr cabai merah
- 5 bh cabai rawit

Bahan Kulit Lumpia Isi Daging Sapi

- 2 btr telur, kocok lepas
- 100 gr tepung panir  kasar putih

Cara Membuat Lumpia Isi Daging Sapi

1. Isi: panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan daging sapi Australia. Aduk sampai berubah warna.
2. Masukkan wortel, taoge, garam, gula merah, dan kaldu sapi bubuk. Aduk rata. Masukkan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan dinginkan.
3. Ambil roti tawar. Pipihkan sedikit. Sendokkan isi. Gulung.
4. Celupkan ke dalam telur. Gulingkan di tepung panir kasar.
5. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
6. Sajikan bersama saus tomat.

Ayam Bakar Bumbu Kecap


Bahan :
- Ayam 1 ekor, bersihkan, belah bagian dada (tidak sampai putus) lalu pipihkan -
- Minyak untuk menumis secukupnya -

Bumbu halus :
- Bawang putih 5 siung -
- Bawang merah 8 butir -
- Cabe merah 4 buah -
- Cabai rawit secukupnya -
- Merica bubuk 1 sdt -
- Kecap manis 5 sdm -
- Gula merah 1 sdm -
- Gula pasir secukupnya -
- Garam secukupnya -

Cara membuat :
1. Tumis semua bumbu halus hingga harum.
2. Tambahkan ayam, beri air hingga ayam terendam, masak hingga ayam matang. Angkat, sisihkan.
3. Masak bumbu ayam hingga kuah mengental. Angkat, sisihkan.
4. Panggang ayam sambil diolesi bumbu hingga matang. Angkat.
5. Sajikan dengan lalap sayuran dan sambal bawang siap pakai.

Untuk 3 porsi

Mud Cake Sandwich Cokelat



Bahan kukus :
- Tepung terigu protein rendah 225 gram -
- Tepung maizena 25 gram -
- Baking powder 1 sdt -
- Mentega 50 gram -
- Margarin 75 gram -
- Gula palem 100 gram -
- Kuning telur 1 butir -
- Coklat bubuk 25 gram -

Bahan cake :
- Mentega 150 gram -
- Coklat masak pekat 100 gram -
- Gula kastor 200 gram -
- Susu cair 125 ml -
- Tepung terigu protein sedang 125 gram -
- Tepung maizena 25 gram -
- Coklat bubuk 2 sdm -
- Baking powder 1 sdt -
- Kuning telur 2 butir -

Bahan ganche :

- Coklat masak pekat 200 gram -
- Susu cair 100 ml -

Hiasan :
- Gula halus 50 gram -

Cara membuat :

1. Kukis : ayak terigu, maizena dan baking powder. Sisihkan. Kocok mentega, margarin dan gula palem hingga lembut. Masukkan kuning telur, kocok kembali hingga rata.
2. Masukkan campurn terigu perlahan sambil diaduk dengan sendok kayu hingga menjadi adonan.
3. Tipiskan adonan, cetak bentuk bulat diameter 5 cm. Atur dalam loyang datar bersemir margarin, panggang dalam oven bersuhu 150 oC selam .. menit hingga matang. Angkat dan sisihkan.
4. Cake : campur mentega, coklat, gula dan susu cair. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk hingga larut.
5. Ayak terigu, maizena, coklat bubuk dan baking powder. Masukkan perlahan dalam campuran coklat sambil diaduk. Masukkan telur, aduk rata.
6. Tuang dalam loyang kotak ukuran 20x20x4 cm yang beralas kertas roti. Panggang dalam oven bersuhu 150 oC selama 30 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan. Cetak cake bentuk bulat dengan diameter 5 cm (sesuai kukis) sisihkan.
7. Ganache : campur semua bahan, tim di atas api kecil sambil diaduk hingga semua bahan larut. Angkat. Ambil sebuah biskuit, oles dengan ganache. Lapisi dengan cake, oles kembali dengan ganache.
8. Tutup lagi dengan kukis. Hias dengan gula halus. Sajikan.

Untuk 12 buah

Coklat Mud Cake Pie



Bahan kulit :

- Tepung terigu protein sedang 200 gram -
- Gula kastor 2 sdm -
- Garam 1/4 sdt -
- Mentega 100 gram -
- Kuning telur 1 butir -
- Air dingin 3 sdm -

Bahan cake :
- Mentega 100 gram -
- Coklat masak pekat 100 gram, cincang -
- Coklat bubuk 4 sdm -
- Kopi instan 2 sdm -
- Telur ayam 3 butir -
- Gula kastor 250 gram -
- Krim kental 3 sdm -
- Simpel sirup 3 sdm -
- Esen vanila 1 sdt -

Hiasan :

- Stroberi 5 buah -
- Coklat masak pekat 50 gram, serut meligkar -
- Coklat masak putih 50 gram, serut melingkar -

Cara membuat :
1. Kulit : campur terigu, gula kastor dan garam. Masukkan mentega, aduk-aduk hingga berbutir. Masukkan kuning telur dan air dingin, aduk dengan sendok kayu hingga adonan mudah dibentuk.
2. Simpan adonan dalam wadah dengan ditutupi plastic wrap, masukkan dalam lemari pendingin selam 30 menit. Sisihkan.
3. Cake : lelehkan mentega, angkat. Masukkan coklat masak pekat, coklat bubuk dan kopi instan. Aduk hingga coklat leleh dan rata. Sisihkan. Kocok gula dan telur hingga mengembang, tuang bahan lainnya. Tuang campuran coklat sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata.
4. Tipiskan kulit pai, letakkan dalam cetakan pai bulat berdiameter 16 cm dan ratakan.
5. Tuang adonan cake dalam kulit pai. Panggang dalam oven bersuhu 175 oC selama 45 menit. Angkat dan dinginkan.
6. Kelurakan dari cetakan pai, hias dengan coklat serut san stroberi. Sajikan.

Tips :
Bisa disimpan dalam lemari es selama 2 hari.

Untuk 1 loyang

Coklat Mud Cake Pie



Bahan kulit :

- Tepung terigu protein sedang 200 gram -
- Gula kastor 2 sdm -
- Garam 1/4 sdt -
- Mentega 100 gram -
- Kuning telur 1 butir -
- Air dingin 3 sdm -

Bahan cake :
- Mentega 100 gram -
- Coklat masak pekat 100 gram, cincang -
- Coklat bubuk 4 sdm -
- Kopi instan 2 sdm -
- Telur ayam 3 butir -
- Gula kastor 250 gram -
- Krim kental 3 sdm -
- Simpel sirup 3 sdm -
- Esen vanila 1 sdt -

Hiasan :

- Stroberi 5 buah -
- Coklat masak pekat 50 gram, serut meligkar -
- Coklat masak putih 50 gram, serut melingkar -

Cara membuat :
1. Kulit : campur terigu, gula kastor dan garam. Masukkan mentega, aduk-aduk hingga berbutir. Masukkan kuning telur dan air dingin, aduk dengan sendok kayu hingga adonan mudah dibentuk.
2. Simpan adonan dalam wadah dengan ditutupi plastic wrap, masukkan dalam lemari pendingin selam 30 menit. Sisihkan.
3. Cake : lelehkan mentega, angkat. Masukkan coklat masak pekat, coklat bubuk dan kopi instan. Aduk hingga coklat leleh dan rata. Sisihkan. Kocok gula dan telur hingga mengembang, tuang bahan lainnya. Tuang campuran coklat sambil diaduk dengan sendok kayu hingga rata.
4. Tipiskan kulit pai, letakkan dalam cetakan pai bulat berdiameter 16 cm dan ratakan.
5. Tuang adonan cake dalam kulit pai. Panggang dalam oven bersuhu 175 oC selama 45 menit. Angkat dan dinginkan.
6. Kelurakan dari cetakan pai, hias dengan coklat serut san stroberi. Sajikan.

Tips :
Bisa disimpan dalam lemari es selama 2 hari.

Untuk 1 loyang

Mississipi Mud Cake


Bahan :
- Mentega 125 gram -
- Gula kastor 225 gram -
- Telur ayam 2 butir -
- Tepung terigu protein sedang 175 gram -
- Coklat bubuk 3 sdm -
- Vanili bubuk 1/4 sdt -
- Marsmallow putih bulat 12 buah -
- Kacang pecan 100 gram, cincang kasar -

Bahan frosting :
- Netega 75 gram -
- Coklat bubuk 3 sdm -
- Susu cair 75 ml -
- Gula halus 250 gram -
- Garam 1/4 sdt -
- Vanili bubuk 1/4 sdt -

Cara membuat :

1. Campur terigu, coklat bubuk dan vanili bubuk, ayak, sisihkan.
2. Kocok mentega dan gula hingga putih, masukkan telur. Kocok kembali hingga rata.
3. Tambahkan campuran terigu. Aduk perlahan menggunakan sendok kayu hingga rata.
4. Masukkan dalam loyang berdiameter 16 cm beroles margarin, panggang dalam oven bersuhu 175 oC selama 30 menit. Angkat dan keluarkan dari loyang.
5. Frosting : Campur mentega, garam, coklat bubuk dan susu cair. Masak sambil diaduk hingga cair dan rata. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang.
6. Tuang campuran mentega dalam gula halus dan vanili sambil dikocok hingga menjadi krim.
7. Tata marsmallow di atas cake, tambahkan 50 gram pecan cincang di atasnya. Siram dengan krim coklat, bekukan.
8. Tata sisa pecan di atasnya, potong-potong dan sajikan.

Untuk 12 potong

TELUR CEPLOK TUMIS MENTEGA

telur ceplok tumis mentegaTelur memang paling mudah untuk dijadikan lauk. Tapi jika setiap hari harus bertemu dengan telur yang dimasak itu-itu saja pasti akan bosan juga bukan? Nah, agar makanan telur tidak membosakan lagi Anda bisa mencoba resep dibawah ini...!


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
5 butir telur
1 buah bawang bombay, diiris panjang
2 siung bawang putih, dicincang kasar
2 buah cabai hijau besar, diiris serong
1 1/2 sendok makan kecap inggris
3 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 batang daun bawang, diiris miring
100 gram margarin untuk menumis

Cara membuat:
  1. Ceplok telur satu per satu. Sisihkan.
  2. Panaskan margarin. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan cabai hijau. Aduk hingga layu.
  3. Tambahkan kecap inggris, kecap manis , merica bubuk, gula pasir. Aduk rata.
  4. Masukkan telur ceplok. Aduk hingga terbalut bumbu. Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang. Aduk rata.


Untuk 5 porsi

SOTO KUDUS

Sajian asal Kudus-Jawa Tengah ini memang paling pas disantap selagi panas. Mangkok kecil menjadi salah satu cara menyajikannya. Ya, soto kudus ini memang sangat terkenal tak hanya dari kota asalnya saja tetapi sudah banyak dijajakan di kota-kota lainnya. Nah, kali ini giliran Anda untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
1 ekor ayam, dipotong 4 bagian
2.000 ml air
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 cm jahe, dimemarkan
5 sendok teh garam
1 blok kaldu ayam
1 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica

Bahan Pelengkap:
4 sendok makan bawang putih goreng
150 gram taoge
3 tangkai seledri, diiris halus
3 buah jeruk nipis
4 sendok teh kecap manis

Cara membuat :
  1. Rebus ayam dalam air sampai mendidih. Ukur 1.800 ml air kaldunya. Didihkan lagi.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, serai, dan jahe sampai harum.
  3. Tuang ke rebusan ayam. Tambahkan garam, kaldu ayam, dan gula pasir. Masak sampai matang. Angkat ayam. Suwir-suwir ayam. Sisihkan
  4. Sajikan kuah bersama pelengkap dan suwiran ayam.


Untuk 7 porsi

PINDANG KUDUS

Warna kuah dari pindang kudus ini lebih mirip dengan rawon. Tapi Anda bisa membedakannya setelah mencoba sajian asal Kudus-Jawa Tengah ini. Ada tambahan daun melinjo dan kuahnya juga menggunakan santan. Yuk, cari tahu bagaimana rasanya dengan membuat sajian dibawah ini.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
400 gram daging sandung lamur, dipotong 3x3 cm
2.000 ml air
50 gram daun melinjo
2 lembar daun salam
1 cm lengkuas, dimemarkan
4 sendok teh garam
1 sendok makan gula merah sisir
2 sendok teh air asam dari 1 sendok teh asam jawa dilarutkan dalam 1 sendok makan air
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah kluwek, diseduh
1/2 sendok teh terasi, digoreng
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
  1. Rebus daging sampai matang. Angkat dan ukur 1.500 ml air kaldunya.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas sampai harum. Tuang ke dalam rebusan daging.
  3. Tambahkan garam, gula merah, dan air asam. Masak sampai mendidih.
  4. Masukkan santan dan daun melinjo. Masak sampai matang.


Untuk 6 porsi

GARANG ASEM CEKER

Yang terkenal dari Kudus bukan hanya sotonya saja. Tetapi sajian sederhana dengan rasa yang luar biasa juga dapat Anda nikmati dari sajian garang asam ceker yang dibungkus dengan daun pisang ini.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
400 gram ceker ayam
2 batang serai, diiris
2 lembar daun salam, disobek-sobek
3 cm lengkuas, diiris
1/2 sendok makan garam
7 buah belimbing wuluh, dipotong-potong
15 buah tomat hijau, dipotong-potong
200 ml air
daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
10 buah cabai rawit hijau
1/2 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh merica
3 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Campur ceker ayam dan bumbu halus. Diamkan 30 menit.
  2. Tambahkan serai, daun salam, lengkuas, garam, belimbing wuluh, tomat hijau dan air. Aduk rata.
  3. Ambil 2 lembar daun pisang. Sendokkan campuran ceker.
  4. Bungkus tum dan semat dengan lidi.
  5. Kukus  di atas api sedang 45 menit sampai matang.


Untuk 10 porsi

CAKWE

Sajian yang satu ini biasanya banyak dijajakan di pinggir-pinggir jalan dan dinikmati dengan sausnya. Selain dapat dinikmati begitu sajian ini juga dijadikan pelengkap dalam menikmati bubur ayam. Ya, cakwe. Kudapan yang digoreng dengan bentuknya yang panjang sekarang sudah dapat Anda buat sendiri di rumah.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
250 gram tepung terigu protein sedang
185 ml air
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh amoniak bubuk
1 3/4 sendok teh baking powder
minyak untuk menggoreng

Cara Pengolahan :
  1. Larutkan garam dan amoniak bubuk dalam 85 ml air. Sisihkan.
  2. Larutkan baking powder dalam sisa air. Sisihkan.
  3. Ayak tepung terigu. Tambahkan larutan amoniak dan baking powder sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Diamkan 20 menit.
  4. Uleni adonan sampai elastis. Tutup plastik. Diamkan 6 jam.
  5. Giling adonan setebal 1/2 cm di atas meja yang ditabur sedikit tepung.
  6. Potong panjang 10 cm lebar 2 cm. Tumpuk. Rekatkan dengan air. Tekan tengahnya dengan sumpit. Menjelang digoreng, tarik sedikit.
  7. Goreng dengan minyak yang sudah dipanaskan.

Untuk 16 buah

MANTAO SANDWICH

Akhir pekan seperti ini ada baiknya kita sedikit memberikan kejutan untuk sarapan pagi. Jika biasanya makan pagi dengan menu nasi goreng atau sajian yang sudah biasa dinikmati tak ada salahnya jika sandwich mantau ini menjadi pilihan di akhir pekan untuk keluarga tercinta.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu :

Bahan Isi:
200 gram ikan tenggiri fillet, di potong miring-miring kurang lebih 1 1/2 cm

Bahan Rendaman:
1 sendok teh air jeruk lemon
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan kikoman

Bahan Taburan:
tepung kanji

Pelengkap:
6 lembar selada
2 buah tomat

Bahan Saus:
3 siung bawang putih, dicincang
2 buah cabai merah, dibuang biji, dipotong kecil-kecil
30 gram gula merah
1/2 sendok teh kecap ikan
2 sendok makan tepung maizena, dilarutkan dengan 1 sendok makan air
1/4 sendok teh garam
250 ml air

Cara Pengolahan :
  1. Isi: lumuri tenggiri dengan campuran rendaman. Diamkan 15 menit. Balut dengan tepung kanji. Goreng sampai kecokelatan.
  2. Rebus bahan saus sambil diaduk sampai mendidih di atas api kecil. Masukkan larutan maizena. Aduk sampai meletup-letup.
  3. Isi mantao dengan pelengkap dan ikan. Sajikan dengan saus.

Untuk 6 buah

SIOMAY AYAM BAYAM

Siomay dapat kita buat menjadi berbagai macam variasi yang tentu tidak kalah nikmatnya dengan siomay yang asli. Mengganti ikan dengan ayam atau penambahan seperti sayur-sayuran seperti bayam juga akan memperkaya nilai gizinya. Yuk, kita coba membuat siomay ayam dengan bayam yang satu ini.


Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

Bahan:
16 lembar kulit siomay
200 gram paha ayam fillet, cincang kasar
50 gram kulit ayam, cincang kasar
75 gram daun bayam, seduh, cincang kasar
4 siung bawang putih, cincang kasar
1 batang daun bawang, iris halus
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh minyak wijen
100 gram tepung sagu tani
1 butir telur
75 ml air es

Bahan Pelengkap:
50 gram saus sambal

Cara membuat:
  1. Aduk rata ayam, kulit ayam, bayam, bawang putih, daun bawang, garam, merica bubuk, gula pasir, dan minyak wijen. Tambahkan telur dan air es. Uleni rata.
  2. Masukkan tepung sagu tani. Aduk rata.
  3. Ambil selembar kulit pangsit. Beri isi dan lipit sisinya.
  4. Kukus diatas api sedang 15 menit sambil sesekali disemprotkan air sampai matang. Sajikan siomay bersama pelengkapnya.


Untuk 16 buah

TENDERLOIN STEAK

Tentu banyak yang menyukai steak, tapi akan lebih istimewa lagi jika Anda kreasikan sesuai keinginan Anda. Selamat mencoba!

Bahan:
3 buah (600 gram) daging tenderloin steak
1/2 sendok makan merica hitam tumbuk kasar
1 1/2 sendok makan olive oil

Bahan Saus Krim Jamur:
150 gram jamur kancing, iris-iris
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang kasar
2 sendok makan tepung terigu
200 ml susu cair
200 ml cooking cream
3/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan mentega tawar untuk menumis

Bahan Saus Krim Merica Hitam:
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 siung bawang putih, cincang halus
2 sendok makan tepung terigu
200 ml susu cair
200 ml cooking cream
3/4 sendok teh garam
1 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
2 sendok makan mentega tawar untuk menumis

Bahan Saus Tomat:
5 sendok makan saus tomat
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
2 siung bawang putih
150 gram jamur kancing, belah dua
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh oregano bubuk
2 sendok teh kecap inggris
200 ml air
1 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
  1. Steak, lumuri daging dengan merica hitam kasar. Diamkan  30 menit. Bakar diatas bara api sampai 1/2 matang. Angkat. Sisihkan.
  2. Saus krim jamur, panaskan mentega tawar. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan jamur. Aduk sampai setengah layu.
  3. Tambahkan tepung terigu. Aduk hingga bergumpal. Tuang susu cair. Aduk hingga mengental. Tambahkan krim kental, garam, dan merica bubuk. Aduk  rata. Masak hingga meletup-letup. Angkat.
  4. Saus krim merica hitam, panaskan mentega tawar. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan tepung terigu. Aduk hingga bergumpal. Tuang susu cair. Aduk hingga mengental. Tambahkan krim kental, garam, dan merica hitam kasar. Masak sambil diaduk hingga meletup-letup. Angkat.
  5. Saus tomat jamur, panaskan minyak. tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan jamur kancing. Aduk hingga setengah layu.Tambahkan saus tomat, garam, gula pasir, merica bubuk, oregano bubuk, dan kecap inggris. Aduk rata. Tuang air. Masak sampai matang.
  6. Sajikan steak dengan pilihan sausnya.

Untuk 3 porsi